Masa Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Masa perkembangan bayi dalam kandungan berikut ini merupakan bahasan terlengkap mulai minggu pertama hingga minggu ke-40. Musik klasik untuk bayi ingin share ya. So, mari disimak ya Masa perkembangan bayi dalam kandungan berikut.

Masa Perkembangan Bayi dalam Kandungan
Masa Perkembangan Bayi dalam Kandungan

Masa perkembangan bayi

Minggu 1
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 1Delapan hari setelah pembuahan, blastosis akan mengeluarkan lendir untuk menyatakan kehadirannya di dalam rahim.

Minggu 2
Kemudian masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu kedua, blastosis mulai mengelembung dan membagi dua kali dalam sehari. Pada hari ke-12, jumlahnya akan menjadi ribuan. Setelah itu, blastosis ditanam dengan kokoh pada endometrium.

Minggu 3
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 3. Setelah tiga Minggu pembuahan, ukuran embrio adalah sepanjang 2 mm. Gen janin mulai membentuk tiga lapisan sel dari organ tubuh yang akan bergabung.

Minggu 4
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 4. Bentuk dasar seorang manusia mulai bergabung. Panjang embrio sekitar 6 mm. Pada Minggu ini, akan kelihatanlah bentuk awal otak dan tulang belakang janin. Jantungnya memompa darah ke paru-paru dan aorta (urat besar yang mengalirkan darah dari jantung).

Minggu 5
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 5. Meskipun anggota tubuh embrio yang terlihat hanyalah matanya, namun otaknya kini dalam proses perkembangan. Begitu juga dengan saluran darah yang tidak lama lagi akan berubah menjadi jantung. Ukuran embrio sudah mencapai 4 mm.

Haid Anda tidak datang. Minggu ini adalah Minggu paling sesuai untuk Anda menjalani tes urin yang dapat menentukan apakah Anda hamil atau sebaliknya.

Minggu 6
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 6. Jantungnya kini sudah terbentuk dan mulai berdenyut. Di akhir Minggu ini, saluran yang menghubungkan embrio dengan plasenta mulai membesar menjadi tali pusat. Selain itu, pembuluh darah juga terbentuk. Ukuran embrio kini sebesar jari kelengkeng dan pergerakannya hanya dapat dilihat melalui tes pemindaian.

Jika Anda menderita morning sickness, bau-bau tertentu akan membuat Anda jadi lebih parah lagi. Kulit Anda juga berubah menjadi lebih gelap sehingga menjadi bertindih-bercak dan mengelupas.

Minggu 7
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 7, janin kini berukuran 1,3 cm. Lubang hidung, bibir, lidah dan giginya dalam proses pembentukan. Sementara kaki dan lengannya kian berkembang. Dalam pada itu, tulang belakang, usus dan otak hampir terbentuk sepenuhnya.

Anda mungkin merasa pusing atau pingsan jika Anda berdiri terlalu lama. Selain itu, jika Anda berada dalam kondisi sesak, Anda juga mungkin berkeadaan sebegini. Anda juga turut mudah merasa lelah. Jadi pastikan Anda mendapatkan istirahat secukupnya.

Minggu 8
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 8. Janin kini berukuran 1,3 cm. Lubang hidung, bibir, lidah dan giginya dalam proses pembentukan. Sementara kaki dan lengannya kian berkembang. Dalam pada itu, tulang belakang, usus dan otak hampir terbentuk sepenuhnya.

Anda mungkin merasa pusing atau pingsan jika Anda berdiri terlalu lama. Selain itu, jika Anda berada dalam kondisi sesak, Anda juga mungkin berkeadaan sebegini. Anda juga turut mudah merasa lelah. Jadi pastikan Anda mendapatkan istirahat secukupnya.

Minggu 9
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 9. Bentuk muka janin mulai berkembang, bahkan mulut dan hidungnya jelas terlihat. Begitu juga dengan kaki dan tangannya. Janin kini berukuran sekitar 3 cm.

Berat Anda mulai bertambah. Anda dianjurkan untuk mencatat setiap pertambahan berat badan yang dialami. Ketika ini, gusi Anda menjadi lebih lembut dan tipis disebabkan oleh perubahan hormon. Jadi, beri perhatian khusus pada kebersihan gigi.

Minggu 10
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 10. Telinga eksternal janin mulai jelas terlihat. Tubuhnya kini mulai memanjang di mana ibu jari dan jari-jari yang lain jelas terlihat tetapi bentuknya belum sempurna seperti jari normal manusia. Pada tingkat ini, ukuran janin adalah 4,5 cm dan beratnya pula 5 g.

Jumlah darah yang mengalir di dalam tubuh kian meningkat. Ini akan membuat Anda merasa lebih panas dari biasa. Ukuran rahim Anda kini sebesar buah jeruk. Perubahan fisik memaksa Anda memakai pakaian yang lebih nyaman sesuai dengan ukuran baru Anda.

Minggu 11
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 11. Di Minggu ini, mayoritas organ kandungan Anda sudah terbentuk. Jadi, beberapa rasa sakit yang dialami akan berakhir pada akhir Minggu ini. Kini, janin berada dalam zona aman dari setiap ketidaknormalan pada janin dan infeksi tertentu. Berat janin pada Minggu ini harus mencapai antara 10 gm dan panjangnya pula 5.5 cm.

Perubahan (kesakitan) yang dialami akan membuat Anda mudah merasa lelah. Jadi, Anda harus mengambil kesempatan mengistirahatkan diri jika ada kesempatan. Selain itu, jika merasa khawatir dengan perubahan-perubahan yang terjadi, segeralah bertemu dengan dokter agar kemusykilan Anda dapat diuraikan.

Minggu 12
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 12. Jantung janin berdetak antara 110 sampai 160 kali per menit. Pada Minggu ini dadanya naik turun karena dia sudah mulai bernafas. Bentuk tubuhnya sudah mulai terlihat. Ibu jari dan jari-jari lainnya sudah lengkap terbentuk. Begitu juga dengan kukunya. Janin sudah mampu mengisap ibu jarinya dan menelan cairan amniotik berikutnya mengubahnya menjadi urin. Cairan amniotik akan diganti setiap 24 jam. Panjang janin sekarang adalah 6,5 cm sedangkan beratnya pula 20 gm.

Berat badan Anda akan bertambah sekitar seperempat dari berat badan normal di antara Minggu ini hingga Minggu 20. Ketika Minggu ini Anda akan merasa lebih bertenaga dibandingkan Minggu- Minggu sebelumnya. Teliti gaya hidup dan diet Anda dan pastikan diet Anda mengandung himpunan makanan yang baik dan seimbang untuk Anda dan konten.

Minggu 13
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 13. Ukuran janin kini 7.5 cm dan beratnya pula 30 gm. Tulangnya mulai berkembang, begitu juga dengan gigi. Pada tahap ini, janin selalu menggerakkan bibirnya sebagai persiapan untuk merangsang otot bibirnya supaya daya hisapannya dapat berfungsi dengan baik setelah dia lahir nanti.

Perubahan ukuran rahim yang kian membesar akan membuat Anda menyadari bahwa perasan perut Anda "buncit". Dalam pada itu, perubahan warna puting turut terjadi. Warna bagian tersebut berubah menjadi lebih gelap dan urat biru pada payudara Anda mulai jelas terlihat.

Minggu 14
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 14. Pada trimester kedua, organ bayi dalam kandungan sudah mulai matang. Dagu, dahi dan hidung kini semakin menyerlah. juga berupaya untuk mengerak-gerakkan kepalanya dan ada kalanya dia bisa mengerutkan kening. kini berukuran 9 cm dengan berat 60 gr.

Jumlah darah yang mengalir dalam tubuh semakin banyak. Dalam waktu yang sama bayi juga membutuhkan oksigen. Oleh yang demikian, jantung harus bekerja keras. Jadi, tidak heran jika saat ini jantung Anda terlihat sedikit besar. Semua itu adalah untuk memastikannya mampu menjalankan tugas sebaiknya. Hasil dari pertambahan jumlah darah dalam tubuh, Anda kini jadi lebih bertenaga dibandingkan sebelumnya. Dengan kata lain, inilah waktu yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga pergi liburan sebelum melahirkan.

Minggu 15
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 15. Tulang rangka sedang giat berkembang. Kini kakinya lebih panjang dari tangan. Rambut pada kepala juga semakin menebal. Begitu juga dengan alis dan bulu matanya. Semua makin jelas terlihat. pada saat ini sudah dapat mendengar. Tempat yang paling jelas didengarnya adalah suara Anda selain dari detak jantung dan bunyi perut Anda. sekarang sudah sepanjang 12 cm dan beratnya sekitar 100 gram.

Minggu 16
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 16. Bayi semakin sering bergerak. Tubuh mereka juga pada saat ini mulai diselaputi lanugo yaitu garis halus. Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan suhu tubuh. Gender juga sudah dapat diketahui saat USG dilakukan. kini berukuran 16 cm panjang dengan beratnya 135 gram.

Pada saat ini Anda harus rasa lebih segar, menyenangkan dan gembira. Selera makan juga semakin bertambah. Anda mungkin dapat merasa gerakan pertama bayi dalam kandungan. Akan tetapi gerakan tidaklah terlalu signifikan. Pada saat yang sama, garis halus berwarna gelap di bawah perut yang disebut linea nigra semakin menyerlah. Dan garis ini kembali pudar setelah Anda melahirkan.

Minggu 17
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 17. Anggota badan bayi dalam kandungan Anda kini terbentuk dengan sempurna. Indera rasanya juga sudah mulai dibangun. sekarang sudah memiliki sidik jarinya sendiri. Dan kini, dia berukuran 18 cm dengan berat sekitar 185 gram.

Pinggang ramping Anda kini sudah menghilangkan dirinya. Yang tinggal hanyalah perut yang semakin membesar di samping kehadiran sedikit tanda rekahan pada bagian tersebut. Selain perut, gusi juga mengalami sedikit gangguan. Gusi berdarah adalah antara masalah yang biasa dialami wanita hamil. Jangan risau. Pergilah bertemu dokter gigi untuk perawatan.

Minggu 18
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 18. Kulit ketika ini masih lagi berkedut karena mereka belum pun mengumpulkan lemak. Dia juga sangat aktif bergerak. juga mulai peka terhadap bunyi-bunyian dari luar. Oleh yang demikian, janganlah kaget jika tiba-tiba menendang setelah terdengar bunyi kuat yang tidak Anda duga. sekarang berukuran sekitar 21 cm dengan berat 235 gram.

Ketika ini Anda sudah semakin dapat rasa gerakan anak. Dalam waktu yang sama, ibu hamil juga mungkin mengalami masalah untuk bernafas. Hal ini terjadi karena saat hamil, membran dalam hidung akan membengkak berikutnya mengganggu sirkulasi udara masuk ke dalamnya. Selain itu, cairan vagina juga semakin bertambah. Selama trimester kedua ini, Anda akan dapat mendeteksi beberapa perubahan samping yang signifikan pada tubuh selain berat badan.

Minggu 19
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 19. Sama seperti Anda, janin dalam kandungan juga semakin membesar. Ketika ini gigi susu mereka mulai terbentuk dalam gusi. Dalam waktu yang sama, tunas untuk pembentukan gigi permanen juga muncul. Janin Anda sudah menjangkau 23 cm dengan beratnya sekitar 285 gram.

Saat ini berat badan Anda semakin bertambah. Punggung, paha dan perut adalah antara daerah yang paling signifikan pertambahan beratnya. Urat-urat halus juga mulai terlihat pada wajah Anda. Jangan khawatir, semua itu akan kembali seperti sedia kala setelah Anda melahirkan.

Minggu 20
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 20. Vernis merupakan sejenis bahan putih berminyak mulai menyelaputi kulit bayi untuk melindunginya dari cairan amniotik saat berada dalam kandungan. kini berukuran 25,5 cm dengan berat 340 gram.

Rahim semakin cepat membesar dan Anda kini telah terlihat sama seperti ibu hamil lainnya. Akibat pembesaran perut yang begitu cepat, pusat hampir tidak terlihat. Tetapi, ada beberapa ibu hamil pusatnya tidak menjadi rata sebaliknya tertonjol keluar. Ketika ini masalah mulas bukan suatu yang asing.

Minggu 21
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu21. sekarang sangat aktif. Hampir setiap saat Anda akan dapat rasa pergerakannya. Jadi, tidak heran kalau setiap malam tidur Anda terganggu. Jika hal ini terjadi pada Anda, usap perlahan perut sambil berkata-kata kepada anak. Terpercaya dengan cara iniakan dapat menenangkan bayi. Kini, bayi sudah semakin besar dan beratnya sekitar 390 gram dan diperkirakan 28 cm panjang.

Saat ini Anda berpeluang untuk melihat perut bergelombang hasil dari gerakan bayi dalam kandungan. Anda juga mungkin ada masalah untuk bernafas karena paru-paru semakin terhimpit akibat ditekan rusuk yang semakin mengembang. Pada masa ini Anda juga tampak lebih bertenaga dan mungkin inilah saat yang tepat untuk membuat persediaan menerima kehadiran cahaya mata.

Minggu 22
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 22. Bayi dalam kandungan Anda terus membesar akibatnya ruang untuk mereka bergerak semakin kurang. sekarang mungkin berhubungan dengan Anda melalui tendangan atau gerakan yang dilakukannya. Sistem pernapasan mereka masih dalam proses pembangunan dan paru-paru belum lagi berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke pembuluh darah. kini berukuran 29 cm dengan berat sekitar 410 gram.

Tulang rusuk bagian bawah Anda mulai rasa sakit akibat didorong keluar oleh rahim yang semakin membesar. Untuk kurangi rasa tidak nyaman, cobalah duduk setegak mana yang Anda mampu atau Anda dapat mengangkat tangan dengan lurus melewati kepala. Selain itu, jika Anda ada cara lain yang lebih menyelesakan, amalkanlah karena inilah waktu terbaik untuk Anda mencoba apa saja cara asalkan kesakitan yang dialami tidak berlangsung.

Minggu 23
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 23. sekarang sudah semakin sempurna pembentukannya. Jika dia lelaki, skrotumnya sudah terbentuk sempurna dan jika dia perempuan, dalam ovarinya kini sudah terdapat beberapa juta telur. Jumlah telur ini akan menurun ke sekitar dua juta ketika dilahirkan dan jumlahnya semakin berkurang ketika usia anak meningkat. sekarang berukuran sekitar 31 cm dengan berat sebesar 440 gram.

Anda mulai dapat rasakan kehadiran bayi dalam perut. Anda akan rasa tegang pada bagian tersebut. Kadangkala Anda akan rasa sakit seperti menusuk-tusuk pada bawah perut karena otot uterine sedang meregang. Rasa sakit ini akan hilang ketika Anda beristirahat.

Minggu 24
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 24. semakin kuat bergerak. Anda juga semakin mahir membaca pergerakannya. Detak jantung sudah dapat didengar meskipun hanya menggunakan stetoskop biasa. juga sudah dapat mendengar kata-kata Anda dengan jelas. Sekarang berat sudah menjangkau 500 gm dengan panjangnya 33 cm.

sekarang mulai menambah beratnya sebanyak setengah kilo se Minggu. Dalam waktu yang sama, kaki Anda akan mulai rasa tegang akibat berat badan yang bertambah dengan banyak. Untuk menghindari rasa tidak nyaman, pastikan sepatu yang sesuai.

Minggu 25
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 25. Sel-sel otak pada bayi terus berkembang dan menjadi semakin kompleks. Tulang-temulang juga semakin keras. Kini, semakin aktif belajar bernapas, napas dan keluarkan kembali cairan amniotik yang ada di sekitar mereka. Dan ketika ini jika menelan terlalu banyak cairan tersebut, dia dapat sedu. Bayi dalam kandungan Anda sekarang berukuran 34 cm dengan berat sekitar 600 gram.

Anda kini terlihat lebih berseri-seri. Muka semakin bercahaya. Semuanya karena meningkatnya sirkulasi darah di bawah kulit. Tekanan pada punci kencing juga adalah penyebab mengapa Anda sering ke toilet. Kram, sakit punggung dan mulas semakin sering terjadi.

Minggu 26
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 26. Meskipun terlihat kurus kering, mereka sebenarnya sudah mulai membentuk lemak-lemak di bawah kulit. Lemak-lemak ini kemudian akan membantu menjaga suhu badan sampai setelah dilahirkan. kini sepanjang 35 cm dengan berat 700 gram.

Dengan perut yang semakin membesar, tidur Anda kini sering tidak nyenyak. Selain dari rasa tidak nyaman saat berbaring, Anda juga semakin sering ke kamar mandi. Ketika ini cara tidur yang tepat penting untuk memastikan Anda memiliki kesempatan untuk istirahat secukupnya. Agar Anda rasa nyaman ketika berbaring, alaskan perut dan kaki dengan bantal.

Minggu 27
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 27. sekarang sudah bisa membuka matanya. Jadi, dia kini bisa melihat cahaya luar melalui perut Anda. Ketika ini juga bayi mulai belajar mengisap dan mereka mungkin berupaya mengisap ibu jari atau pun genggaman tangan. kini berukuran 36 cm dengan berat sekitar 800 gram.

Anda semakin hari semakin besar dan tentunya berat semakin bertambah. Antara bagian yang paling signifikan pertambahan beratnya adalah di sekitar dada terutama pada bagian payudara. Oleh yang demikian, pemakaian baju dalam yang sesuai sangat penting. Hindari berbaring secara menelentang karena cara ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman dan dalam waktu yang sama pembuluh darah Anda akan ditekan oleh rahim Anda yang semakin membesar.

Minggu 28
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 28. Pada usia ini, bayi sudah cukup sifatnya dan bisa lahir pada setiap saat. Jika bayi lahir pada usia ini, dia dikategorikan sebagai bayi prematur. Jantungnya kini berdetak sebanyak 150 denyut per menit. Berat badannya kini mencapai 900 gm.

Payudara Anda mungkin sudah mengeluarkan kolostrum yaitu cairan kental. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan produksi kolostrum tersebut, coba pakai pad pada bra untuk menghindari rasa lengket. Pada usia kandungan ini, darah Anda akan diuji untuk kedua kalinya untuk melihat tingkat anemia dalam tubuh. Jika Anda ditemukan anemia positif, pasokan zat besi berbentuk pil akan diberikan.

Minggu 29
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 29, bayi semakin membesar dan memenuhi seluruh ruang dalam perut. Kepalanya mulai sesuai dengan tubuh. Alis dan bulu mata tumbuh sepenuhnya. Bulu badannya terus tumbuh. Matanya, dapat membuka dan menutup dan mulai fokus. Berat bayi kini dalam 1 kg dan ukuran badan mencapai 38 cm.

Anda akan merasa sering gerakan bayi dalam kandungan. Bayi juga akan mulai mengeras tubuh. Oleh yang demikian, banyakkanlah beristirahat baik dengan duduk atau berbaring.

Minggu 30
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 30. Bayi sekarang sudah pandai menyesuaikan kondisi berdasarkan kenyamanan. Berat badannya kini bisa mencapai 1,1 kg dan panjangnya sekitar 39 cm.

Anda akan cepat merasa letih karena perut semakin membesar. Jika berjalan terlalu cepat Anda akan cepat lelah. Jadi adalah penting untuk anda menjaga posisi. Tidur pada waktu malam juga mungkin akan terganggu.

Minggu 31
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 31. Fisik bayi lengkap sepenuhnya kecuali sebagian kecil paru-parunya. Begitu juga pada bagian otaknya. Otak dikatakan masih dalam proses perkembangan tetapi semakin laju dan bayi sekarang bisa mendapatkan dan memproses informasi dengan cepat. Bayi juga mulai merasa sakit jika posisinya tidak benar. Dia akan berubah posisi ke lebih nyaman. Berat kini menjangkau 1,4 kg dan tingginya pula 40 cm.

Sesak napas atau tersengal akan mudah terjadi jika Anda tidak berhenti bergerak. Jadi banyakkan beristirahat. Jika waktu malam Anda rasa kurang nyaman untuk bernafas, pastikan pakaian Anda tidak terlalu ketat dan panas.

Minggu 32
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 32. Bayi semakin aktif bergerak. Dia akan memutar badan, menendang dan membuat lebih banyak lagi aksi dari sebelumnya. Namun, posisi kepala bayi tetap berada di permukaan serviks untuk keluar pada setiap saat. Berat badannya kini 1,6 kg. Sementara ukurannya mencapai 40,5 cm.

Jika Anda bekerja, mulai cuti sekarang. Nikmati akhir pekan kehamilan ini dengan berbagai persiapan mental dan fisik.

Minggu 33
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 33. Jari jemari mulai terbentuk dengan sempurna. Begitu juga halnya dengan paru-paru. Ketika ini, bayi mulai berlatih bernafas. Ukuran janin kini berukuran 41,5 cm dengan berat 1,8 kg.

Kenaikan berat badan kini tidak terlalu cepat. Jika tidak pun, berat badan hanya meningkat sekitar 1kg untuk setiap Minggu. Anda dianjurkan memeriksa kesehatan secara teratur agar tidak terjadi masalah.

Minggu 34
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 34. Berat badannya semakin bertambah. Matanya mulai sensitif terhadap cahaya. Alis dan bulu mata kini sudah cukup matang dan mata janin kini sudah pandai berkedip-kedip. Jika janin adalah pria, testisnya mulai membentuk dengan sempurna. Berat badannya kini menjangkau 2 kg, Sementara, ukuran badannya kini mencapai 43 cm.

Tekanan darah mungkin akan meningkat cukup tinggi. Jadi, jaga sedikit perasan dan emosi Anda pada tahap ini.

Minggu 35
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 35. Bayi masih lagi membesar dan memenuhi ruang dalam perut. Bayi tidak bergerak terlalu aktif karena ruang agak sempit. Berat badannya kini naik menjadi 2,3 kg dan panjangnya 44.5 cm.

Banyakkan berbicara tentang emosi dan kesiapan Anda ketika di kamar bersalin bersama pasangan atau orang yang akrab agar rasa gentar dan khawatir semakin hilang. Dalam waktu yang sama, kawal diet. Jangan berjalan keluar rumah karena takut kontraksi dapat dimulai kapan. Bersiap-siap dari sekarang.

Minggu 36
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu ini Kontraksi awal bisa dimulai sekarang. Tapi jika itu terjadi tidak terlalu sering, itu bukan tanda ingin bersalin. Tapi ia hanya tanda-tanda yang konten Anda kini semakin mencapai tingkat matang. Bayi kini mulai pandai bernapas dengan benar, mengisap jari dan belajar menelan. Berat kini 2,5 kg dan panjang 46 cm.

Bernafas kini semakin tidak nyaman. Serviks juga rasa sakit akibat tekanan yang dibuat oleh bayi dalam kandungan. Pemeriksaan kehamilan pula akan dijalankan setiap Minggu mulai sekarang.

Minggu 37
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 37. Bulu pada tubuh bayi mulai berkurang. Bayi mulai mengeluarkan hormon yang disebut cortisone yang membantu mematangkan organ pernapasan. Berat kini 2,7 kg sedangkan panjang 47 cm.

Siap, mungkin Anda bersalin pada Minggu ini. Periksa semua persiapan sebelum dan setelah melahirkan. Jangan takut untuk bertanya apapun pertanyaan berkaitan dengan proses kelahiran kepada orang yang berpengalaman. Sikap ini membantu Anda menambahkan lagi ilmu untuk di gunakan ketika di kamar bersalin.

Minggu 38
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 38. Lemak mulai terbina dalam tubuh bayi. Kulit bayi kini sudah menjadi sedikit merah muda. Rambut mulai memancang sampai mencapai ukuran 5 cm. Begitu juga dengan kukunya. Pada usia ini, memiliki berat badan sekitar 2,9 kg dan panjangnya pula 48 cm.

Selalu peka dengan perubahan diri. Patikan tanda-tanda ingin bersalin. Jika ada tanda cepat-cepat pergi ke rumah sakit. Jangan terlalu banyak membuat pekerjaan rumah takut nanti energi Anda hilang. Kumpulkan energi untuk beberapa hari ini sehingga energi yang disimpan itu dapat digunakan sepenuhnya ketika di kamar bersalin.

Minggu 39
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 39. Kini bayi matang sepenuhnya. Berat kini 3,1 kg dan panjang 49 cm.

Masa kini sudah tiba. Rasa sakit kontraksi kini semakin sering. Meskipun begitu, jangan biarkan rasa sakit itu menghantui Anda. Tenangkan pikiran dan bersiap-siap untuk ke rumah sakit.

Minggu 40
Masa perkembangan bayi dalam kandungan pada minggu 40. Dia seharusnya sudah berada di dalam dekapan Anda. Dokter tidak akan menunda lagi kelahirannya. Baik secara alami atau caesarean, kelahiran harus dilakukan

Demikianlah masa perkembangan bayi dalam kandungan dari minggu ke-1 hingga minggu ke-40, semoga bahasan mengenai masa perkembangan bayi dalam kandungan ini menarik.