Tips Jika Bayi Tersedak

Tips Jika Bayi Tersedak - Masalah atau gangguan pada pernapasan adalah merupakan salah satu pemicu utama kematian pada bayi. Pemicunya bermacam-macam, dan masalah seperti ini dapat berlangsung setiap saat contohnya waktu bayi terjatuh atau tersedak.

Berbicara masalah tersedak pada bayi , dapat ditunjukkan dengan tanda-tanda kesusahan bernafas layaknya mendesah, terengah-engah, tersedak atau memegang batang lehernya. Dan seorang bayi yang jalan nafasnya terhalang dapat mengalami kesusahan bernafas, batuk, atau menangis.

Pada saat jalan nafas buah hati anda hampir tersumbat, maka gejala-gejalanya dapat ditunjukkan seperti mengeluarkan bunyi yang bernada tinggi dari hidungnya sewaktu bernafas, mengalami kesusahan untuk bernafas serta mengeluarkan batuk yang sangat lemah.

Apabila ini berlangsung, usahakan jangan sampai panik. Pada saat pernapasan terhenti, tubuh tetap mempunyai waktu sepuluh menit untuk memberikan respon pada rangsangan dari luar. penanganan awal baiknya dikerjakan pada empat menit pertama dikarenakan otak cuma dapat bertahan sepanjang itu tanpa aliran oksigen.

Tips Jika Bayi Tersedak
Ada beberapa langkah dasar untuk mengeluarkan sesuatu hal dari jalan nafas seorang bayi. Pertolongan pertama pada Jalan nafas seperti diatas yaitu bisa dilakukan dengan cara menggosok punggung serta menekan dada, walau demikian jangan melakukan hal tersebut apabila bayi sudah bisa bernafas, batuk maupun menangis. berikut tips jika bayi tersedak :

Menggosok punggung

Baringkanlah bayi anda di atas lengan anda, dengan posisi kepala bayi lebih rendah di banding dada. Sokonglah kepala bayi anda dengan cara menempatkan tangan di sekitar rahang serta di bawah dada. Tempatkan tangan anda di atas paha anda. Gosok punggung sang bayi di bagian di antara ke-2 sayap dadanya dan lakukanlah sebanyak lima kali dengan menggunakan tumit telapak tangan anda. lantas balikkan sang bayi.

Balikkan sang bayi

Langkah selanjutnya adalah dengan memposisikan tangan anda yang bebas pada punggung buah hati anda, serta kepit dia di antara tangan serta lengan anda. Satu tangan gunakan untuk memegang dada, leher, serta kepala sang bayi. Kemudian pegang ia di antara tangan serta lengan anda, lantas balikkan kepalanya. Tempatkan tangan anda di atas paha anda, serta posisikan sang bayi hingga kepalanya lebih rendah di banding dadanya.

Tekan dada sang bayi

Kemudian tekanlah dada sang bayi di bagian tulang dada sebanyak lima kali dengan menggunakan dua ujung jari anda. dengan memposisikan jari anda lebih kurang satu jari di bawah garis lurus puting sang bayi. Usahakan tangan anda mesti datang dari arah sisi samping sang bayi, hingga jari anda bisa bergerak naik serta turun di antara tulang dada.

Apabila sang bayi terus atau masih tersedak juga, anda dapat mengulangi menggosok punggungnya serta menekan dadanya serta segera carilah pertolongan dengan menghubungi dokter anak karena cara-cara tersebut adalah merpakan pertolongan pertama atau tips jika bayi tersedak, sedangkan ahlinya adalah dengan menghubungi dokter anak.


EmoticonEmoticon